Panguk Kediwung: Menikmati Pemandangan Wakanda nya Jogja

Jika kalian sudah melihat film Marvel berjudul Black Panther, tentu tidak asing dengan nama Wakanda, sebuah negara kecil yang memiliki teknologi maju dan pemandangan yang indah.

Di Jogja, atau tepatnya daerah kabupaten Bantul, ada daerah yang memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya dengan Wakanda. Namanya adalah Panguk Kediwung.

Wakanda

Penguk Kediwung masih terletak di daerah wisata Mangunan, alamat lengkapnya ada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Cukup mudah untuk kesana, karena ada petunjuk jalan yang mudah diikuti.

Saran saya, jangan gunakan transportasi online, karena nanti kalian akan kewalahan mendapatkan kendaraan saat ingin kembali pulang.

Panguk Kediwung

Daerah Panguk Kediwung menawarkan pemandangan alam yang menengkan, terlebih jika kalian datang ketika matahari baru saja menampakkan sedikit sinarnya. Pemandangan bukit yang diselimuti kabut membuat kesan dramatis dan menenangkan. Aku biasanya menikmati pemandangan ini sambil ditemani kopi panas sambil ngobrol bersama teman-teman.

Pemberian Tuhan yang Instagrammable tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para penduduk sekitar. Di tempat tersebut ada banyak spot untuk berfoto dengan pemandangan yang asik.

Panguk Kediwung
Salah satu spot foto

Untuk bisa berfoto di satu spot, kita diharuskan membayar Rp 3000,- saja. Cukup murah. Tapi jika kalian pelit mengeluarkan uang, jangan khawatir, ada satu spot yang bisa kalian gunakan secara gratis untuk berfoto.

Tiket masuk ke Panguk Kediwung cukup murah, aku dan ketiga temanku (satu mobil) cukup membayar Rp 15.000,-. Sudah termasuk tiket parkir.

Salah dua spot untuk foto

 

Fasilitas di sana cukup lengkap, ada mushola, kamar mandi dan warung makan. Harga yang dibanderol juga wajar, seperti harga makanan di Jogja pada umumnya.

Sebagai ilustrasi, kami memesan 2 makan berat dengan lauk 2 kepala dan 2 ati ampela ayam kampung, 6 teh, 4 air mineral gelas dan 1 kopi yang digunting, cukup membayar Rp 52.000 saja.

Salah satu menu yang aku pesan

Selain pemandangannya yang indah, keramahan dari pengelola tempat wisata tersebut patut diberi kredit tersendiri. Mereka seperti memiliki prosedur standar untuk menyambut dan mengantarnya kembali. Hal yang sangat jarang aku temukan di tempat-tempat wisata Jogja.

Buat para digital nomad yang ingin mencoba mencari inspirasi, tempat ini juga bisa digunakan. Meski tidak ada akses WiFi, namun beberapa operator (aku mencoba XL dan Indosat) bisa menangkap sinyal 4G dengan baik. Colokan? jangan khawatir, beli aja makanan dan minuman di salah satu warung makan, dan kalian bisa nunut mengisi daya smartphone atau laptop.

Jadi apakah Panguk Kediwung adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi ketika berwisata ke Jogja? jika kalian adalah penggemar wisata alam dan suka membanjiri feed Instagram dengan foto-foto nan indah, maka tempat ini adalah pilihan tepat.

About the author

admin

View all posts

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *