Jalan-Jalan ke Jawa Barat Hari Ketiga

Melanjutkan catatan jalan-jalan ke Jawa Barat yang sempat tertunda cukup lama, kali ini aku mau menceritakan pengalamanku di hari ketiga.

Masih berada di seputar daerah Pangandaran, hari ketiga aku khususkan untuk berjalan-jalan menyusuri beberapa pantai yang ada di sana.

Batu Karas

Meski di hari pertama aku sudah mengunjungi pantai ini, sepertinya aku butuh waktu yang lebih lama untuk bisa menikmati pantai yang menjadi tujuan wisata para surfer newbie.

Kunjungan kedua aku gunakan hanya untuk menikmati pemandangan laut dari bibir pantai saja. Hanya untuk melepas penat dari rutinitas.

Oh ya, ada biaya masuk yang dihitung per orang dan kendaraan yang digunakan.

Bojong Salawe

Tempat ini sedang dibangun untuk tol laut, dan aku penasaran dengan perkembangannya.

Tanpa diduga, tempat ini sangat Instagramable, mirip seperti landasan pacu pesawat, namun dikelilingi oleh laut.

Jadi jika kalian ingin mendapatkan pemandangan yang asik dan dramatis, segeralah untuk mendatangi tempat ini, karena bisa saja, ketika tol laut sudah jadi, kita tidak bisa bebas keluar-masuk dan berfoto di tempat itu.

Tidak ada biaya untuk tiket masuk ataupun parkir.

Di sekitar tempat itu, ada juga pelelangan ikan.

Batu Hiu

Dinamakan pantai Batu Hiu karena pintu masuknya berupa patung berbentuk kepala ikan hiu.

Di pantai ini, kita tidak diperbolehkan berenang.

Daya tarik utama dari pantai Batu Hiu adalah kita bisa menikmati laut dari tempat tinggi. Bagi kalian yang suka berfoto, tempat ini memiliki beberapa spot yang bisa digunakan.

Di sini juga ada beberapa playground seperti ayunan ataupun prosotan. Sayangnya tempat ini tidak dirawat dengan baik.

Tidak ada tiket masuk ke tempat ini, hanya ada biaya parkir.

Konservasi Penyu

Aku sudah tiga kali mengunjungi tempat ini. Sayangnya, pada kunjungan ketiga kali ini, penyu yang ditangkarkan sudah tidak sebanyak saat kunjungan pertama. Entah karena mereka sudah merilis tukik-tukik nya, atau memang ada hal lain yang menyebabkan berkurangnya penyu di sana.

Tempat konservasi ini tak terlalu luas, hanya ada 6 kolam untuk menampung penyu.

Tiket masuk cukup mahal, yaitu Rp 25.000,- tapi menurutku masih wajar untuk sebuah tempat konservasi.

Pantai Pangandaran

 

Tempat wisata mainstream ini cukup asik bagi pecinta sunrise dan sunset sekaligus. Pantai Pangandaran memiliki dua bagian, yaitu pantai Timur untuk melihat sunrise dan pantai Barat untuk melihat sunset.

Pantai Pangandaran sudah banyak berbenah dibanding saat terakhir kali aku kesana, sekarang terlihat lebih tertata. Para pedagang kaki lima sudah dilokalisasi sehingga membuat pantai terlihat bersih dan lebih luas.

Sebagai tempat wisata yang populer, pantai Pangandaran memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari hotel, transportasi hingga hiburan di sepanjang pantai.

 

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *